Kebersamaan dalam Persahabatan

11 Okt

#Bunka 17

Suasana malam temaram menemani saya menulis untaian kata kali ini. Hangatnya musim panas serta merta mulai berganti dengan sejuknya musim gugur. Dedaunan yang bergemericik pelan tersibak oleh semilirnya angin, berangsur-angsur menjadi merah di musim ini.

Keindahan suatu perjalanan adalah bait sastra yang tertuang diantara garis pelangi. Warna-warni yang saling memadu-padu menjadikannya menjadi lebih berwarna. Warna demi warna yang secara bersama membentuk suatu ikatan, menjadikannya lebih megah serta mempesona.

Teringat dengan sebuah ungkapan dari para orang tua yang bijak bestari, “Jika ingin pergi cepat, maka pergilah sendiri. Namun, jika ingin pergi jauh, maka pergilah bersama kawan sejati.”

Kebersamaan, sebuah kata yang sederhana namun mewakili banyak arti. Sebagaimana teman-teman yang mulai berjuang bersama dalam mengikuti program ini. Bahu membahu mulai dari pendaftaran sampai dengan hari ini. Rasa suka dan duka pun terkadang menemani.

Ketika sedih melanda. Bak mendung menggelayut serta enggan pergi, datangnya beberapa kawan untuk menghibur menjadi obat hati yang tiada tertandingi. Keceriaan yang tercipta dengan hal-hal yang sederhana, terkadang menjadi hal yang tidak akan terlupakan selama jiwa masih bersemayam di dalam raga ini.

Tanah rantau adalah tempat yang sangat luar biasa bagi anak-anak negeri ini. Berbeda suku, berbeda bahasa asal, berbeda agama, sekali bertemu di tanah rantau, seketika itu pula menjadi saudara se-ibu pertiwi.

Awalnya boleh jadi masih canggung. Setelah saling bertegur sapa, kehangatan khas nusantara seketika mencairkan suasana dingin sedari tadi.

Bersahabat di tanah rantau, meleburkan rasa egois yang dulu pernah dialami. Bersahabat di tanah rantau, membuka pintu-pintu persaudaraan baru dari tanah Sabang hingga ujung Merauke di Tanah yang terkenal dengan gemah ripah loh jinawi.

Kebersamaan adalah rasa syukur kepada sang Maha pencipta terhadap terciptanya keberagaman. Kebersamaan adalah wujud dari suasana hati yang saling bertoleransi terhadap sesama.

Tidak hanya kepada saudara se-ibu pertiwi, terhadap teman yang berbeda negara dan berbeda budaya, kebersamaan adalah hal yang indah untuk dijalani.

Kebersamaan dalam persahabatan, adakah hal yang lebih indah dari itu?

Osaka, 1 Oktober 2016, 11.15 PM
Uki

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: