Flashback

9 Jul

​#Benkyou 18
Jumat, sabtu, dan minggu ini merupakan libur yang berurutan. Kalau dalam bahasa jepangnya disebut dengan renkyuu (連休). Apakah boleh pulang kalau libur? Boleh. Tapi masih lebih banyak yang tidak pulang.

Bagi yang tidak pulang, banyak hal bisa dilakukan, ada yang ingin keliling ibu kota, ke kota tua atau ke taman mini, mumpung libur. Atau ingin ke kebun raya Bogor, juga dekat, naik KRL bayar 2 ribu aja terus naik angkot. Atau di asrama aja, siap-siap senin mau ujian (padahal alasan sebenarnya kantong kering, hehe).

Apapun itu, yang jelas, libur panjang selalu memiliki arti tersendiri.

Baiklah, saatnya flashback. Sudah 17 minggu ternyata. Kalau 6 bulan itu ada 24 minggu, tidak terasa kira-kira 7 minggu lagi pelatihan ini akan selesai. 

17 minggu, bukanlah waktu yang sebentar. Ibarat ibu mengandung itu ya sudah keliatan maju perutnya. Sudah nampak berbeda karena dedek bayinya mulai bertambah besar ukurannya.

Nah, kalau kami bertambah apanya dong? Apakah bertambah buncit juga? Saya rasa tidak begitu, hehe. 

Pelajaran bahasa Jepang yang umumnya dipelajari selama 1 tahun di universitas, berupa mina nihon go 1, Alhamdulillah sudah diselesaikan dalam waktu 3 bulan. Itupun ditambah kanji yang sudah mencapai 200 kanji. 

Dan sekarang, sebagian besar teman-teman sudah masuk buku kedua bab ke 35, karena buku pertama sampai bab 25. Itu yang sedang dipelajari oleh teman-teman yang ada di kelas 5-16. Bagi teman-teman di kelas 3-4, buku kedua sudah hampir selesai. Kalau di kelas 2, sudah masuk buku selanjutnya, yaitu chuukyuu bab 3. Dan teman-teman di kelas 1 sudah memasuki chuukyuu bab 7.

Setiap tingkatan pasti punya kesulitan masing-masing. Namun, saya yakin akan satu hal. Teman-teman disini adalah orang-orang pilihan diantara pilihan. Jadi, seberat apapun hal yang dihadapi, tidak akan sebegitu mudahnya membuat down alias putus asa.

Mengapa pilihan? Saya kadang teringat bagaimana tes masuk program ini yang sedemikian panjang dan bisa menjadikan putus asa.

Bulan maret tahun lalu. Informasi pendaftaran diumumkan. Sama dengan tahun ini juga, informasinya sudah resmi diumumkan di website bnp2tki.go.id, silahkan dibuka saja, siapa tahu ada yang minat.

Informasi pendaftaran dibuka, lantas begitu banyaknya dokumen yang perlu dilengkapi. Mulai dari ijazah yang harus diterjemah tersumpahkan, membuat paspor, hingga membuat surat keterangan tidak akan mengundurkan diri jika diterima. Lalu tes kesehatan sebagai persyaratan mendaftar, dan sebagainya.

itu adalah beberapa poin dari sekian banyak hal yang harus dilengkapi.

Setelah itu, datang ke bnp2tki pusat atau bp3tki di setiap ibukota provinsi untuk mendaftar.

Lalu menunggu hingga awal juni saat pengumuman pemberkasan diumumkan.

Itu baru yang pertama.

Setelah pengumuman, tertera nama-nama yang lolos dan kemudian diharuskan untuk mengikuti tahap selanjutnya, tes keperawatan dan psikotes di awal juli. Ya, sebulan setelah pengumuman.

Setelah tes di awal juli, pengumumannya adalah di akhir juli. 

Kembali nama-nama yang lolos diharuskan untuk mengikuti proses wawancara dan medical check up yang dijadwalkan di minggu ketiga bulan agustus.

Setelah wawancara dan tes kesehatan, kami menunggu hasil tes kesehatan terlebih dahulu. Kalau fit, lanjut. Kalau unfit, berarti coba lagi tahun depan.

Bagi yang fit, diharuskan mengikuti proses selanjutnya, yaitu proses matching sampai tanggal 8 September. Baru kemudian hasilnya diumumkan tanggal 2 oktober. Jika matching pertama ada yang belum lolos dan kuota masih ada, dipersilahkan mengikuti proses matching kedua, yang hasilnya akan keluar di awal november. 

Setelah semua proses itu terlewati, dan dinyatakan lolos serta matching dengan institusi penerima yang ada di jepang, maka diwajibkan mengikuti pelatihan selama setahun, yakni 6 bulan di Indonesia serta 6 bulan di jepang, sebelum memasuki tempat kerja masing-masing, baik di panti lansia atau rumah sakit penerima.

Panjang perjalanan ternyata saudara-saudara!

Oleh karena itulah, tidak hanya sebatas kemampuan akademis yang diuji, namun, ketahanan, kesabaran, serta daya juang kita telah diuji sejak awal.

Maka, kalau sempat kita merasa down, merasa galau, coba lihat ke belakang bagaimana perjuangan kita masing-masing.

Saya yakin, setiap orang pasti punya cerita masing-masing yang tak kalah luar biasanya!

Teman-teman adalah orang pilihan diantara pilihan yang dipercaya bisa menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.

Mari kita gunakan kesempatan ini dengan bijak. Karena saat ini, telah banyak orang yang menunggu keberhasilan kita.

Akhir tulisan, saya hanya ingin setiap perjalanan yang saya alami bisa saya cetak dalam setiap tulisan demi tulisan. Karena tulisan akan selalu abadi, syukur-syukur bisa memberikan manfaat bagi sesama.

Oyasuminasai..

Srengseng sawah, 26 november 2016

23.27 pm

*Uki

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: