​Minggu kedua belas

9 Jul

#Benkyou 13
Tepat di minggu ini, adalah minggu kedua belas kami berada di tempat ini. Di sebuah tempat pelatihan di daerah srengseng sawah.

Sudah separuh perjalanan kami lewati, dengan penuh suka duka, dengan banyak bunpou (tata bahasa) dan kotoba (kosakata), hingga bertebaran huruf kanji di langit-langit kamar serta kepala kami.

Separuh perjalanan, bisa dibilang melegakan, juga bisa dibilang menegangkan. Melegakan, karena sebentar lagi mayoritas teman-teman akan segera menyelesaikan buku jilid pertama, baik tata bahasa maupun kanji. Menegangkan, karena kalau sudah selesai, maka tinggal menghitung waktu saja kurang lebih 3 minggu lagi ujian JLPT N5 akan segera diadakan.

Bagi teman-teman yang ada di kelas 1-2, akan mengikuti ujian JLPT sankyuu (3級) atau kurang lebih sama dengan JLPT N4. Karena yonkyuu nya sudah diujikan pada awal masuk kemarin. Dan bagi teman-teman yang ada di kelas 3-16, maka akan mengikuti tes JLPT yonkyuu (4級) atau kurang lebih setara dengan JLPT N5.

Setelah itu, masih ada tes kesehatan kedua. Karena yang pertama sudah dilakukan setelah proses wawancara pada agustus tahun lalu. Bagi yang lolos pada proses maching dan mengikuti pelatihan disini, maka setelah 3 bulan akan dilakukan tes kesehatan atau MCU lagi.

Saya dan pastinya semua peserta pelatihan yang ada, pasti berharap bisa lolos semua. Baik ujian maupun tes kesehatan.

Hanya saja, terkadang masih ada rasa malas melanda. Entah karena ada rasa sulit untuk memahami pelajaran yang ada, atau entah kejenuhan yang lain hingga membuat semangat belajar menjadi turun.

Bagi saya sendiri, saya juga pernah mengalaminya. Ketika tugas sedang banyak-banyaknya, eh, tiba-tiba rasa jenuh, malas, dan kawan-kawannya itu datang tanpa dijemput dan tanpa diundang.

Solusinya?

Berbeda orang tentu berbeda cara mengatasinya. Kalau dalam istilah keperawatannya, disebut dengan koping mekanisme.

Kalau saya, ketika lagi down, terkadang saya ingat bagaimana lelahnya dulu saat mengikuti serangkaian tes ini. Jarak tes dan pengumumannya sudah lama, seperti lomba maraton saja. Benar-benar capek dan selalu bikin deg-degan apalagi menjelang hari pengumuman.

Boleh jadi, masih banyak yang lebih baik dari saya dalam mengatasi sebuah kejenuhan dalam belajar.

Yang jelas, yang menjadi sebuah fakta, kita sudah memasuki minggu kedua belas. Kalau semisal kemarin waktu belajarnya kurang, ayo sekarang ditambah dan dijadikan lebih efektif. Kalau semisal kemarin masih malu untuk belajar percakapan, ayo sekarang dibiasakan ngomong, masalah malu itu urusan belakangan. Yang penting PD dan ngomong dulu.

Dan sebagai penutup, sebagaimana nasehat dari para guru-guru kita. Karena kita adalah orang yang beragama, selalu iringi hari-hari kita dengan berdoa sesuai dengan agama yang dianut masing-masing.

Karena usaha dan doa adalah sumber kekuatan yang luar biasa!

Baiklah, minggu kedua belas sebentar lagi akan lewat. Selamat beristirahat bagi semua, semoga hari esok kita bisa menjadi lebih baik serta bisa selalu mempersembahkan hal yang terbaik.

Oyasuminasai…

Srengseng sawah, 21 febuari 2016

*Uki

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: