Sekilas Tentang Tes Perawat Ke Jepang (Bagian Kedua)

15 Nov

# Kaizen 44

Tahap pertama adalah pemberkasan. Saya kira tahap awal ini cukup menyita banyak energi. Berikut saya copy kan informasi berkas yang dibutuhkan untuk pendaftaran tahun ini dari halaman resmi bnp2tki.co.id

Syarat Khusus calon TKI Careworker (Kaigofukushishi)

  1. Berusia 21 sampai dengan 35 tahun per 31 Juli 2015 atau telah lulus serendah-rendahnya D3 Keperawatan.
  2. Melampirkan foto copy ijasah pendidikan serendah-rendahnya lulusan D3 Keperawatan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dilegalisir dengan cap basah atau embose.
  3. Melampirkan foto copy transkrip nilai pendidikan serendah-rendahnya lulusan D3 Keperawatan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dilegalisir dengan cap basah atau embose.
  4. Melampirkan surat pernyataan bersedia ditempatkan sebagai careworker/ kaigofukushishi di Jepang, ditandatangani diatas materai Rp. 6.000,- diketik manual atau komputer.
  5. Melampirkan surat keterangan pengalaman kerja atau surat keterangan kerja sebagai perawat sekurang-kurangnya 2 tahun komulatif per 31 Agustus 2015 (lulusan D3 Keperawatan) atau sekurang-kurangnya 1 tahun per 31 Agustus 2015 (lulusan S1 + Ners).

Syarat Khusus calon TKI Nurse (Kangoshi)

  1. Berusia 23 sampai dengan 35 tahun per 31 Juli 2015 atau telah lulus serendah-rendahnya D3 Keperawatan dan telah memiliki pengalaman kerja minimal komulatif 2 tahun sejak tanggal kelulusan atau telah lulus S1 Keperawatan + Ners dan telah memiliki pengalaman kerja minimal komulatif 1 tahun.
  2. Melampirkan foto copy ijasah pendidikan serendah-rendahnya lulusan D3 Keperawatan atau S1 + Ners dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dilegalisir dengan cap basah atau embose.
  3. Melampirkan foto copy transkrip nilai pendidikan serendah-rendahnya lulusan D3 Keperawatan atau S1 + Ners dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dilegalisir dengan cap basah atau embose.
  4. Melampirkan foto copy Surat Tanda Registrasi (STR) dari Kemkes/MTKI dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dilegalisir dengan cap basah atau embose.

Syarat Umum calon TKI careworker dan calon TKI nurse

  1. Foto copy KTP yang masih berlaku;
  2. Foto copy Paspor sekurang-kurangnya masih berlaku 1 (satu) tahun ke depan;
  3. Foto copy Akte Kelahiran atau Surat Kenal Lahir;
  4. Foto copy Kartu Pencari Kerja/AK1 yang dilegalisir dengan cap basah atau embose;
  5. Asli Surat Ijin dari Orang Tua/Wali/Suami/Isteri yang ditandatangani diatas meterai Rp. 6.000,- diketik manual atau komputer wajib diketahui Lurah atau Kepala Desa;
  6. Asli Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku;
  7. Asli Medical Check up dengan hasil Fit yang masih berlaku dan tidak cacat fisik yang mengganggu dalam bekerja, dan bagi wanita tidak dalam keadaan hamil;
  8. Pas Foto berwarna terbaru dengan latar belakang putih, menghadap kedepan dan tampak jelas dengan ukuran 3×4 Cm sebanyak 6 (enam) lembar;
  9. Bagi wanita tidak pernah bertato dan laki-laki tidak pernah bertato dan tidak pernah bertindik;
  10. Membuat surat pernyataan tidak akan mengundurkan diri setelah dinyatakan lulus matching yang ditandatangani diatas materai Rp. 6.000,- diketik manual atau komputer dan wajib diketahui oleh Orang Tua/Wali/Suami/Isteri;
  11. Membuat surat pernyataan tidak akan menuntut ganti rugi apabila dalam proses penempatan ditemukan kasus yang diakibatkan oleh calon TKI sehingga calon TKI dikeluarkannya dari tempat pelatihan yang ditandatangani diatas materai Rp. 6.000,- diketik manual atau komputer dan wajib diketahui oleh Orang Tua/Wali/Suami/Isteri;
  12. Foto copy sertifikat kemampuan bahasa Jepang, bahasa Inggris atau bahasa lainnya dan sertifikat keterampilan lainnya (BCLS, BTLS, atau PPGD) bila ada.

Catatan :

  1. Untuk ijazah dan Transkrip Nilai dalam bahasa Inggris yang tidak diterbitkan oleh Lembaga Pendidikan dapat diterjemahkan dalam bahasa Inggris dan dilegalisir oleh Penerjemah yang berstatus tersumpah dan fotokopinya dapat dilegalisir oleh Lembaga Penerjemah.
  2. Pendaftar harus menunjukkan dokumen asli dari persyaratan yang difotokopi.
  3. Data pada KTP, Paspor, Ijazah dan Akte Kelahiran atau Akte Kenal Lahir harus sama, apabila terdapat perbedaan maka dapat dilakukan revisi pada dokumen yang dianggap paling benar.
  4. Semua fotokopi dalam ukuran normal dan menggunakan kertas A4.

Atau lebih jelas serta detailnya, Anda bisa membacanya di halaman resmi bnp2tki.co.id

Pemberkasan berakhir pada akhir bulan april, dan pengumuman hasilnya hampir satu bulan kemudian. Yaitu akhir bulan mei. Bagi yang berhasil lolos, maka akan mengikuti tahap selanjutnya, yaitu tes tertulis yang akan berlangsung pada tanggal 2 Juni 2015.

Untuk penjelasan tahap dua, yaitu tes tertulis, akan saya jelaskan di tulisan selanjutnya.

*Arsyad Syauqi

Iklan

2 Tanggapan to “Sekilas Tentang Tes Perawat Ke Jepang (Bagian Kedua)”

  1. Ach. Tirmidzi 11 Februari 2016 pada 1:44 pm #

    maaf mas saya ingin bertnya,
    untuk syarat umum nomor 7, apakah saya melakukan tes kesehatan terlebih dahulu sebelum pemberkasan, dan melampirkan hasil cek kesehatan di pemberkasan mas? atau saya cek kesehatan setelah proses matching?
    terimaksih

    • arsyad syauqi 11 Februari 2016 pada 2:22 pm #

      Tes kesehatannya beberapa kali mas. Saat mendaftar tes, harus melampirkan hasil tes kesehatan. Saat setelah proses wawancara, ada tes kesehatan lagu. Untuk lebih lengkapnya, bisa dibaca di situs bnp2tki.go.id mas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: