Ngigau pun Bahasa Jepang

16 Mar

#Kaizen 12

Sudah hampir 2 bulan saya mengikuti pelatihan di tempat ini. Dan selama itu pula, ada-ada saja hal menarik yang terjadi, mulai dari bangun sampai tidur, bahkan saat tidur pun masih ada kejadian lucu yang terjadi.

Karena keseharian kami disini dibiasakan dengan berbahasa jepang, maka saat sedang keluar asrama, semisal pergi ke warung untuk sekedar beli gorengan pun kebiasaan ini sering terbawa.

Saat mau melewati orang, kalau biasanya bilang “permisi”, sekarang seringnya bilang “sumimasen”. Kalau dipanggil orang lain, biasanya menjawab “iya?”, sekarang bilangnya “hai” (yang dalam bahasa jepang artinya iya). Kemarin saat kami pergi ke minimarket, ada teman yang ketika mau bayar bilangnya “ikura desuka” (yang artinya berapa harganya?).

Bagaimana bisa demikian? Lah wong kita baru bangun saja bilangnya “ohayou gozaimasu”, lalu saat ketemu sensei saat di kelas maupun di luar kelas bilang “otsukaresamadesu” (artinya terima kasih atas kerja kerasnya).

Untuk minta tolong kepada teman, biasanya bilangnya kan, minta tolong, dan sekarang pun terbiasa bilangnya “onegaishimasu”. Dan masih banyak kata-kata dalam keseharian yang mulai berubah.

kebanyakan, hal-hal itu terjadi dalam keadaan bangun atau kondisi dalam keadaan sadar. Namun, ada juga kejadian pada teman saya beberapa waktu yang lalu, karena hampir tiap hari kami dibiasakan dengan kotoba (kosakata) baru, bahkan saat tidur pun mengigau mengucapakan kosakata yang tadi dihafalkan. 😀

Boleh jadi hal-hal itulah yang akan jadi cerita lucu beberapa tahun mendatang. Walaupun sekarang kami harus bekerja keras dalam memahami bahasa yang baru bagi kami ini.

Dari sebuah tempat pelatihan di bawah kaki pegunungan yang hampir tiap hari hujan ini, saya sampaikan salam hangat bagi semua. Semoga lancar buat apapun kegiatan kita semua….

Konichiwa…

Uki

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: