Extra Time

12 Mar

#Kaizen 10

Setiap hari dalam pembelajaran,pasti ada hal baru yang akan kita ketahui. Asalkan kita tidak ngantuk saat hal itu disampaikan, hehe.

Saat sekolah dasar dulu, jam pelajaran dimulai jam 7 pagi dan selesai jam 1 siang. Lalu sekolah tingkat menengah biasanya selesai jam setengah 2 siang. Lalu saat kuliah, karena menggunakan sistem paket, mulai jam 8 dan selesai jam 4 sore.

Saat bekerja kemarin, karena kena sistem shift, jadinya teratur, hanya kadang kalau operasi sedang ramai, bisa masuk pagi dan siang. Jadi masuk jam 7 pagi dan pulang jam 9 malam.

Dan sekarang, saya melebihi itu semua. Karena pembelajaran yang saya ikuti disini, dimulai jam 5 pagi dan selesai jam 11 malam. Setiap hari, seperti itu, kecuali kalau hari libur tentunya. Itupun, kalau hari libur malah digunakan untuk belajar ekstra karena di hari libur lah banyak waktu untuk mengulang materi yang sudah disampaikan serta persiapan materi selanjutnya.

Memang, dalam hal ini pembelajaran bukan hanya berarti tentang belajar bahasa jepang saja, tapi juga tentang budayanya juga. Semisal, kami sudah harus bangun sebelum jam 5, karena harus shalat shubuh dulu, lalu jam 5 tepat kami harus melaksanakan senam ala jepang selama kurang lebih 10 menit. Lalu kami harus melaksanakan bersih-bersih pagi. Karena kebersihan adalah awal dari segala hal.

Kalau lingkungan tidak bersih, bagaimana kami bisa beraktivitas dengan baik? Iya kan? Jadi bersih-bersih atau dalam bahasa jepangnya, souji, adalah hal yang utama.

Setelah itu kami masuk pelajaran dengan diawali dengan apel terlebih dahulu. Setiap hari. Agar kami bisa untuk terbiasa hidup disiplin. Karena untuk bisa hidup disiplin. Mau tidak mau ya caranya memang dengan paksaan. Mulai dari tidak bisa, dipaksa, menjadi bisa, terbiasa, dan luar biasa.

Untuk bahasa jepang sendiri, ada tips dari sensei kami agar dalam berkaiwa (kaiwa : percakapan) bisa segera lancar. Yaitu, kalau belajar kaiwa dalam bab yang dipelajari, dari belum bisa, harus sampai bisa. Kalau sudah bisa, harus sampai bosan! Kalau sudah bosan, baru pindah ke lain bab. Begitu, dan itulah yang kami lakukan disini. Tentu saja dengan segala perbaikan yang membangun.

Lalu, sensei kami menambahkan bahwa untuk urusan belajar, jangan sampai merasa puas. Karena kalau sudah merasa puas, bisa dipastikan proses belajar itu akan terhenti. Karena kita tahu bersama bahwa diatas langit masih ada langit lagi. Begitu juga dalam pendidikan, diatas orang yang pandai akan ada lagi yang diatasnya.

Semoga kita semua senantiasa semangat dalam belajar, karena boleh jadi, masih sangat buaaaaaaaaanyak hal yang belum kita ketahui! Iya kan? 😀

Oyasuminasai….

Uki

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: