Jalan Memutar

6 Mar

#Kaizen 5

Dulu saya pernah memimpikan untuk bersekolah di Gontor, yang sekarang malah adik saya yang berkesempatan menempuh pendidikan disana. Mimpi saya itu muncul setelah menyelesaikan novel karya Ahmad Fuadi yang berjudul Negeri 5 Menara. Saat saya membaca novel tersebut, saya merasa bahwa seperti inilah seharusnya pendidikan bagi orang yang ingin belajar bahasa asing.

Saya dan boleh jadi hampir semua orang yang pernah mempelajari bahasa asing mulai mempelajarinya sedari kecil, saat ini pun sekolah dasar pun sudah mulai mengajarkannya. Namun, entah mengapa hanya sedikit yang mampu mempraktikannya untuk berbicara atau berkomunikasi.

Boleh jadi, banyak yang masuk dalam kategori pandai dalam menyelesaikan soal-soal berbahasa asing, namun untuk menggunakannya dalam berkomunikasi, itu lain hal ternyata.

Nah, saat saya berkunjung ke Gontor, saat menjenguk adik saya, saya melihat adanya suatu komunitas berbahasa asing yang tidak hanya belajar bahasa saja. Namun, Gontor adalah sebuah lingkungan yang akan sangat bisa membentuk karakter serta mental murid-muridnya menjadi pribadi yang lebih baik, bisa memahami banyak hal dengan pemahaman yang baik juga.

Dengan syarat, peserta didiknya juga mempunyai tekad untuk berubah menjadi pribadi yang tidak hanya bisa berbahasa asing saja, dalam hal ini, Gontor mengajarkan bahasa arab dan bahasa inggris dalam kesehariannya, tapi juga bisa merubah diri agar bisa menyesuaikan diri dengan masa depan.

Saya belum bisa masuk ke Gontor memang karena banyak pertimbangan, salah satunya adalah saya mempunyai keinginan itu adalah saat sudah semester 4 di pendidikan keperawatan! Ya pasti pertimbangan dana menjadi hal utama.

Namun sekarang, boleh jadi saya menemukan lingkungan yang mirip dengan Gontor. Hanya saja, bahasa yang dipelajari yang beda, kalau adik saya sekarang masih belajar bahasa inggris serta arab, saya belajar bahasa jepang. Belajar bahasa lengkap dengan budaya serta prinsip kerja yang selalu kami lakukan tiap hari. Kalau adik saya belajarnya 4 tahun, saya hanya mempunyai waktu 4 bulan. Karena kami dipersiapkan untuk mengikuti tes IJEPA yang sekarang sudah dibuka perndaftarannya.

Apakah ada yang mau ikut tes ini juga?

Ohayou Gozaimasu!

Uki

Tinggalkan Balasan

