Orang-Orang Yang “Gila” Belajar

27 Feb

#Kaizen 3

Hampir sebulan saya disini. Waktu 4 minggu yang seakan tak terasa. Hari- hari melesat bagai peluru. Hari-hari melesat seperti sedang dikejar oleh waktu itu sendiri. Belajar, latihan, evaluasi, saya seperti sedang terlempar ke masa kuliah 3 tahun yg lalu, namun kali ini, dengan tingkat disiplin yg berlipat ganda.

Kesan pertama saat saya datang ke tempat ini sebulan yg lalu adalah orang-orang disini “gila” belajar. Padahal dulu saya datang pada minggu siang. Lumrahnya kan hari libur ya digunakan untuk libur kan ya? Namun hal itu menjadi kebalikan disini. Ada waktu luang ya malah digunakan untuk belajar serta mengulang pelajaran yg telah disampaikan. Kalau sudah, ya belajar untuk bab yang akan diajarkan esok harinya.

Disnilah, saya merasakan bahwa orang yang berdiam diri tanpa pegang buku itu menjadi hal yang tidak wajar. Yang ada, kemana-mana saat ada waktu ya digunakan untuk belajar, menghafal kosakata, memahami pola kalimat, belajar percakapan, terus, dan terus seperti itu.

Mengapa hal itu bisa terjadi? Karena disini kami tidak hanya belajar pelajaran saja. dengan waktu belajar 6 jam efektif. Lalu ada tugas bersih-bersih pagi serta sore, bergantian menjadi pemimpin harian, lalu yang paling membuat merasa sayang kalau ada waktu luang untuk tidak digunakan belajar adalah ketika menjadi petugas dapur, alias memasak. Kalau sudah menjadi petugas dapur, dijamin, akan susah untuk belajar karena harus menyiapkan makanan untuk teman-teman yang lain.

Disini saya merasakan bahwa orang bisa menjadi iri untuk belajar, ketika ada teman belajar sedangkan kita sendiri tidak, maka rasa dalam hati ini menjadi tidak nyaman. Yang ada, bagaimana caranya saya bisa belajar. Entahlah, tapi memang begitulah.

Benarlah apa yang dibilang orang terdahulu. Kalau kita dikelilingi orang yang baunya wangi, otomatis kita akan berbau wangi. Kalau kita dikelilingi orang yang berbau tidak sedap, maka akan menjadi begitulah kita. Dan sekarang, lingkungan yang saya tempati, adalah lingkungan orang-orang yang “gila” belajar. Semoga saya bisa tertular kebiasaan ini dengan segera!

Ganbatte kudasai!

Uki

Tinggalkan Balasan

