*Ia Dan Kacang Hijau

23 Agu

Suatu ketika, saat ia diajak oleh Bapaknya ke sawah. Ia diajak untuk melihat hijau serta rimbunnya tanaman kacang hijau itu. Tanaman kacang hijau yang sudah berumur satu bulan dari proses pembenihan. Sungguh memesona. Namun, dibalik itu semua, tidak semua tanaman itu dalam kondisi baik, ada yang daunnya bolong-bolong, karena dimakan lalat. Ada yang batangnya terkena hama. Ada yang bunganya tidak mekar sebagaimana mestinya, ada bercak-bercak putih yang membuat bunga itu menjadi lengket, lagi-lagi karena hama. Dan itu perlu penanganan.

Maka diajaklah ia untuk membersihkan rumput-rumput liar yang mengganggu, yang kadang tumbuhnya melebihi tinggi tanaman kacang hijau itu sendiri, sehingga menghalangi cahaya matahari mengenai tanaman kacang hijau itu yang menghambat proses fotosintesis. Diajaklah ia menyemprotkan cairan pembasmi hama serta jamur dengan membawa tangki berukuran 19 liter, yang kala itu tentu saja membuat tubuh ringkihnya agak kesulitan, namun, demi orang tuanya, ia berusaha semampunya, paling hanya 2 tangki tubuh itu sudah merasakan batasnya. Sementara Bapaknya, bisa lebih dari 5 tangki.

Dan setelah hari menjadi sore, tatkala sang surya hendak tenggelam di kaki langit. Ia dan bapaknya beristrahat, duduk menjeplak sekenannya di tepi sawah, yang berbatasan langsung dengan jalan besar. Duduk istirahat sebentar sambil memandangi sawah yang lumayan luas, sawah milik sendiri dan separuhnya lagi menyewa milik orang. Duduk, sambil minum air dari bekal yang mereka bawa.

Sebelum pulang, sang Bapak berkata kepadanya, “Nak, inilah cara berdoa menurut bapak, semoga engkau lekas mengerti, bisa memahami, dan semoga engkau bisa mendapatkan banyak pelajaran dari hari ini.”

-Qi-

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: