Sampingan

Selamat Hari Pramuka Kawans

14 Agu

#Turn On 48

Pagi tadi, saya mendapakatkan sebuah pesan singkat dari adik kelas saya, seorang Pradani Ambalan Nyi Ageng Serang yang menjabat pada periode 2007-2008 di Madrasah tempat saya dulu sekolah. Isi pesan singkatnya adalah, “SELAMAT HARI PRAMUKA”, ya, pakai huruf kapital semuanya, haha.

Saya jadi teringat bahwa hari ini adalah peringatan hari pramuka, dimana dulu biasanya pada hari-hari sekitar tanggal ini, saya sering berkemah, entah kemah perlombaan, mendampingi perkemahan adik kelas, dan acara puncaknya adalah upacara peringatan hari pramuka.

Kalau bicara tentang pramuka, saya jadi bersemangat, karena saya besar di lingkungan orang-orang yang suka dengan hal demikian juga. Sejak SD, saya sudah mengikuti kegiatan outdoor dari kelas 4. Awal mulanya memang kemah di lapangan sekolah, walaupun begitu, saya sangat antusias mengikutinya. Hal-hal yang saya suka adalah yang berhubungan dengan teknik kepramukaan. Mulai dari peraturan baris-berbaris, pioneering, sandi-sandi, mulai dari yang menggunakan bendera atau lebih dikenal dengan semaphore, sandi yang berupa kombinasi titik dan strip atau yang dikenal dengan nama morse, dan segala jenis hal-hal lapangan lainnya, namun, ada satu kelemahan saya, yang sampai sekarang saya masih belum bisa maksimal melakukannya, yaitu pentas seni. Haha. untuk yang satu ini, ada salah satu teman saya yang expert serta sangat berperan, saya menjadi anak buah saja.

Baru masuk ke MTs, saya sudah kepincut dengan kegiatan yang satu ini. tatkala saya melihat kakak kelas sedang berlatih kegiatan baris-berbaris, saya senang melihatnya, apalagi saat aba-aba “periksa kerapian” diucapkan, serentak para pemuda pemudi yang melakukan gerakan yang diperintahkan itu, sambil mengucapkan “satu-dua, dua-dua, tiga-dua, empat-dua, dan seterusnya”,  serta menampilkan gerakan kompak, berhasil membuat saya jatuh hati pada kegiatan ini.

Masuk di kegiatan ekskul ini, saya ditempatkan di bagian seksi teknik kepramukaan. Namun, dulu saya masih bodoh, sekarang pun masih sama kayaknya, haha. masih belum tahu apa-apa dibandingkan dengan mereka yang mengabdikan dirinya di bidang yang satu ini. namun yang jelas, saya senang mengikuti serta bersama ekskul yang satu ini, saya sering mbolang kemana-mana, haha.

Baru 3 bulan duduk sebagai murid di MTs, saat itu setelah ujian mid semester, saya beserta 5 orang lainnya, dipanggil kakak Pembina untuk mengikuti latihan dasar kepramukaan yang diadakan oleh Kwartir Ranting Undaan, Kwaran di kecamatan saya. Disitu, sungguh sangat terlihat betapa saya belum bisa apa-apa, namun disitu juga, saya belajar banyak. Yang awalnya belum tahu tali temali, lewat kegiatan itu Alhamdulillah bisa mendirikan tenda bersama tim, yang awalnya sulit memahami semaphore, malah akhirnya mudah memahami morse, yang awalnya malu untuk memegang mic, disitu akhirnya berani untuk melantukan adzan maghrib, memegang mic juga akhirnya.

Semenjak itu, latihan demi latihan rutin saya ikuti, dan beberapa kegiatan pun saya ikuti. Mulai dari Patroli Keamanan Sekolah (PKS), ikut Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), dan itu saja, hehe. cukup kegiatan itu saja sudah membuat saya jarang di rumah dan sering kena tegur ibu saya karena saking jarangnya di rumah. Hehe. Ibu, maaf ya saya sering jarang di rumah dulu.

Kegiatan blusukan sudah menjadi makanan rutin saya. Apalagi saat ikut pelantikan anggota PKS dulu, PKS disini bukan partai lho ya, udah diberi berbagai pernak-pernik yang digantung diseluruh badan yang kalau orang melihatnya pasti akan tertawa terpingkal-pingkal.

Memakai pakaian wajib, celana panjang, sepatu kets, lalu wajah diloreng-loreng, di leher, digantungi tali raffia yang disitu, wajib diikatkan 3 buah rambutan yang entah apa itu maksudnya, serta satu bawang putih utuh. Lhah memang kami mau ngusir drakula apa. Haha. lalu sepanjang perjalanan, yel-yel dikumandangkan, sambil menyusuri jalanan kota dan masuk area persawahan juga, dan serunya, masuk ke sungai dan ada acara merangkak juga. Basah kuyup pokoknya dah. Namun, karena panjangnya perjalanan yang ditempuh, baju yang basah pun menjadi kering lagi. Haha.

Dari kegiatan PKS, serta segala macam perkemahan yang saya ikuti. Akhirnya kami memang baru menimba pengalaman dulu, karena saya waktu itu masih kelas VII. Setelah mental dan fisik diuji, akhirnya saya bersama 3 orang lainnya, bisa masuk ke lomba tingkat daerah yang waktu itu dilaksanakan di Kebumen, tepatnya di Bumi Perkemahan Widoro, Karang Sambung. Saya beserta 3 orang teman saya Alhamdulillah berkesempatan mengikuti perkemahan Jambore Daerah setelah berhasil menjadi juara tergiat pertama di Jambore Cabang yang diadakan di Kudus, tepatnya di Bumi Perkemahan Menawan. Jadi, semenjak kelas VII, sudah keranjingan ikut kemah deh. Ya, namanya suka, gimana lagi. Hehe.

Ketika kelas VII dan IX, jumlah kegiatan kepramukaan menurun, perlombaannya juga. Baru ketika kelas IX, saat ujian nasional tinggal beberapa bulan, ada perkemahan perlombaan yang cukup bergengsi, dan waktu itu, saya masih diiukutkan lagi. Senang memang, namun dari orang tua hampir tidak membolehkan, ya, namanya dekat dengan UN. namun, Alhamdulillah, dengan beberapa kali meminta ijin dan berjanji ini adalah kemah yang terakhir sebelum ujian, akhirnya diperbolehkan.

Alhamdulillah, kemah yang saya anggap sebagai kemah perpisahan sebelum UN ini pun memperoleh juara tergiat, baik putra maupun putri, banyak trofi yang kami peroleh, dan pulangnya, kami diraktir mie ayam oleh kakak Pembina, haha, suasana saat itu, akan sulit kami lupakan. Apalagi saat kemah berlangsung, tenda kami sempat roboh karena hujan yang sangat lebat, betapa menjadi tambah sulit lagi untuk kami lupakan kejadiaan kala itu, sekarang sih bisa ketawa ketiwi untuk mengingatnya, namun saat itu, kami pun ketawa juga saat kejadian, hanya badan yang basah kuyup saat menyelamatkan barang-barang yang ada dan banyak deh kejadian lucu lainnya.

Perkemahan demi perkemahan, selalu membuat saya kangen untuk melakukannya lagi, dan ketika masuk ke Madrasah Aliyah, intensitas saya dalam mengikuti kegiatan ini pun semakin menjadi-jadi, memang masih banyak kekurangan disana sini, namun, itulah pembelajaran yang saya tempuh dalam kegiatan yang saya sukai ini. bagaimana ceritanya, insyaallah lain kali akan saya share, mohon doanya saja agar tetap bisa menulis ya.

14 Agustus, beberapa tahun lalu, saya pernah menjadi salah satu pasukan pengibar benderanya, kala itu, dada ini terasa sesak oleh rasa nasionalisme yang sangat membuncah, sesak oleh kegembiraan yang meluap-luap, senang bisa bertualang, senang bisa mbolang, senang bisa mengikuti banyak hal, dan tentu saja, senang ada yang bisa diceritakan dalam catatan kecil ini.

Oh ya, saya pernah membuat sebuah yel-yel penyemangat salam perlombaan, kiri-kira seperti ini,

Semangatlah kawan, Semangatlah kawan,

Karena kita sedang dalam perang,

Semangatlah kawan, Semangatlah kawan,

Karena kita sedang dalam perang,

Tak ada rasa putus asa, tak ada kata menyerah,

Tak ada rasa putus asa, tak ada kata menyerah,

Hanya ada, satu kata bagi kita,

Maju, maju, maju untuk menang, Hu!!!

Batam, 14 Agustus 2013

Arsyad Syauqi

OR Nurse

Iklan

4 Tanggapan to “Selamat Hari Pramuka Kawans”

  1. devisariha 14 Agustus 2013 pada 4:25 pm #

    Wahhhh kak arsyad memang pramuka sejati deh,

    Salad pramuka!

  2. devisariha 14 Agustus 2013 pada 4:25 pm #

    Wahhhh kak arsyad memang pramuka sejati deh,

    Salam pramuka!

    • arsyad syauqi 14 Agustus 2013 pada 4:39 pm #

      Salad apa salam itu? Hehe, makasih udah mampir ke catatanku ta, salam kenal aja

    • arsyad syauqi 16 Agustus 2013 pada 4:48 am #

      haha, makasih udah mampir di catatanku dik, orang Kudus juga ya?

      Salam Pramuka juga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: