Senyum Satu Dekade

27 Jun

#Turn On 33

Senyum yang bertebaran dimana-mana, di muka banyak orang, di sepanjang koridor, serta yang paling berkesan adalah, senyum dari mereka yang telah bersama dalam kebersamaan satu dekade ini. ya, itulah sekilas gambaran saat kemarin, tanggal 26 juni 2013, diadakan perayaan ulang tahun yang ke sepuluh di tempat saya bekerja ini, Rumah Sakit Awal Bros Batam.

Sebenarnya saya hampir tidak ikut acara ini, karena pada malam sebelumnya, saya oncall dan pas itu juga ada cito operasi yang menjadikan saya begadang saat jadwal saya lepas, yaitu libur pertama setelah dua kali jaga malam. Namun, saat pagi harinya, ketika perjalanan pulang, terbersit keinginan untuk menulis tentang acara tersebut, nah lho, bagaimana saya bisa menulis tentang acara tersebut kalau saya tidak mengikutinya?, jadi, segera saya pulang ke asrama, mandi serta ganti baju, memakai baju ultah yang telah dibagikan beberapa hari sebelumnya, lalu kembali lagi ke rumah sakit, Alhamdulillah saya tidak telat karena acara belum dimulai.

Sampai disana, bersama beberapa teman, saya segera menuju ke tempat kejadian perkara, kayak ada tindak kriminal aja haha, yang terletak di basemen. Karyawan yang sedang tidak jaga tumpah ruah disitu dengan kombinasi warna hijau muda-abu-abu (seragam karyawan), baju hijau-orange(kaos ultah) dengan bawahan yang beraneka rupa, serta yang lain, berwarna warni sesuai dengan keinginan hati.

Sekitar pukul 08.00, pembawa acara menyapa audience serta membuka acara yang meriah itu, dilanjutkan dengan penampilan tari persembahan yang dibawakan oleh karyawan Awal Bros. Tari persembahan yang pesertanya berasal dari berbagai daerah ini menunjukan ke”Bhineka Tunggal Ika”an kita, sebagai masyarakat yang majemuk namun bisa menyatu dalam kebersamaan yang erat.

Teman-teman yang menampilkan tari persembahan ini sudah datang sejak shubuh tadi untuk dirias terlebih dahulu, wah, penampilannya sangat berbeda dengan ketika sedang tugas di ruangan. Yang biasanya memakai seragam, sigap dan cekatan dalam memberikan pelayanan, kini, mereka berbalut busana tradisional melayu, dengan make up yang aduhai, secara kompak menampilkan sebuah drama tari yang elok dan membuat merinding bagi siapapun yang melihatnya. Seni yang berselimutkan esetetika dengan aura peringatan satu dekade berdirinya rumah sakit ini, membuat tari ini lebih hidup dari yang pernah saya bayangkan.

Setelah penampilan tari ini, dilanjutkan dengan kelompok paduan suara yang saya tidak tahu kapan mereka melakukan latihan, hehe, ya iyalah, memang kalau mereka latihan haru bilang saya #gakjelas, tiba-tiba ikut menggetarkan panggung acara pagi ini. Paduan suara yang membawakan Mars Awal Bros Batam serta beberapa lagu lain ini, tidak kalah menariknya. Suara Sopran, Tenor, Alto, serta Bass yang bercampur menjadi satu, memberikan semangat tersendiri bagi audience. Walaupun tidak semua bisa ikut menyanyikannya, namun, tidak berarti audience kehilangan taste saat mendengarkan lagu ini, appreciate it guys.

Acara selanjutnya adalah penayangan short movie yang menampilkan foto-foto kilas balik perjalanan dari awal rumah sakit ini berdiri, ini yang menarik, ketika satu persatu foto tampil dari sorotan proyektor ke layar yang telah dibuat sedemikian rupa, canda tawa tidak bisa dihindarkan, banyak yang ketawa ketiwi melihat berbagai foto yang menampilkan beberapa dari mereka dalam beberapa tahun lalu. Saya hanya ikut tertawa saja, maklum, baru sekitar satu setengah tahun saya disini, jadi belum mengenal banyak orang, apalagi mereka yang sudah resign, haha, namun yang penting, ikut menikmati saja, ikut gembira saja, kan gak lucu kalau yang lain tertawa tiba-tiba saya menangis sendiri, bisa-bisa saya dilarikan ke UGD nanti, hehe.

Setelah penayangan film pendek yang menampilkan foto-foto itu, maka giliran para petinggi untuk menyampaikan sambutan. Sambutan disampikan oleh ketua panitia kegiatan, lalu perwakilan karyawan yang telah mengabdi di RS ini sejak 10 tahun yang lalu, yang mengabdi sejak berdirinya RS ini, lalu sambutan dari direktur RS serta direktur corporate yang kali ini beliau diwakili karena ada hal lain yang urgent serta tidak bisa ditinggalkan.

Setelah semua rangkaian acara dilalui, dengan suasana hangat yang lama-lama menjadi panas, walaupun ada AC outdoor, namun, karena banyaknya karbondioksida yang terlalu banyak diproduksi oleh orang yang jumlahnya bejibun ini, akhinya acara puncak pun tiba, pemotongan kue ultah yang gede itu pun dilakukan dengan dilakukan acara doa bersama terlebih dahulu. Dengan alunan suara dari semua, menyanyikan lagu ulang tahun, kue tart yang sege meja itu pun dipotong, lalu dibagi-bagikan, sayang saya tidak dapat, hehe. Tidak apa-apa, masih banyak makanan yang lain, hehe.

Balon-balon yang sebenarnya dijadikan dekorasi tempat acara pun tidak luput dari tangan-tangan yang ikut bergembira. Suara dor, dor, dor, terjadi dimana-mana. Tenang, bukan menjadi tindakan kriminal kok, Cuma having fun aja.

Lalu terakhir, acara foto-foto pun digelar, kali ini foto beneran, bukan foto rontgen ataupun pake C Arm, haha. Tawa renyah serta senyum yang bertebaran, suatu saat saya akan merindukan acara serta tempat ini. hehe. Namun yang jelas, peringatan 10 tahun ini adalah suatu bukti bahwa tahun demi tahun telah menguji kompetensi serta konsistensi segenap sumber daya manusia yang ada disini.

Doa saya untuk rekan-rekan semua, semoga selalu semangat dalam menyongsong hari yang semakin kompetitif ini, semoga semakin bisa menunjukan inovasi yang bisa menjadikan perjalanan ini lebih dinamis, karena saya yakin, segala yang berubah adalah yang dinanti. Salam hangat, salam perjuangan penuh cinta dan kasih sayang untuk semua, semoga semakin jaya !!!

Batam, 28 Juni 2013

Arsyad Syauqi

OR Nurse

2 Tanggapan to “Senyum Satu Dekade”

  1. shoffa manis :) 27 Juni 2013 pada 10:22 pm #

    Kepoin blognya mas juqii, inspiratif syekali, dtunggu cerita2 berikutnya kakaaku 🙂

    • arsyad syauqi 2 Juli 2013 pada 12:43 pm #

      terima kasih sudah mampir, insyaallah mau nulis lagi, mohon doanya ya fa

Tinggalkan Balasan

