Rumahku, eh, Kamarku Inspirasiku (edisi Hari Perawat Sedunia)

12 Mei

#Turn On 13

Saya hari ini jaga malam, artinya, saya punya waktu seharian di kamar, hehe. Dan ternyata kamar ini butuh perhatian juga, dibersihkan. Memang sebagian besar waktu untuk membaca, menuangkan ide, serta menulis saya lakukan disini. Karena memang kalau keluar dari sini ya untuk bekerja, ke perpus, toko buku, atau sekedar jalan-jalan untuk menemukan inspirasi baru.

Mulai dari kasur yang harus dijemur, lantai yang perlu dipel, jendela yang mesti dibersihkan, sprei dan baju-baju yang memang sudah waktunya dicuci, dan bagian yang paling penting, mendesain ulang tempat untuk menulis, sehingga nyaman saat mengetik, siap !!!

Setelah semua bersih dan semua hal yang tadinya berserakan, sekarang terlihat bagus dan nyaman untuk ditempati kembali. Dan yang lebih menyenangkan dari semua itu, ide-ide pun bertebaran untuk segera dituangkan dalam lembaran kertas virtual ini.

Oh ya, hari ini adalah hari spesial bagi teman-teman perawat di seluruh dunia. 12 Mei diperingati sebagai Hari Perawat Sedunia.

Saya mau berbagi tentang sejarah mengapa hari ini dikenang sebagai hari keperawatan sedunia.

Tadi saat saya berselancar di dunia timeline Twitter, saya menemukan seorang Neurosurgeon yang memiliki akun bernama @ryuhasan menulis tentang hal yang berkaitan dengan hari ini, mari kita simak.

12 Mei diperingati sebagai Nursing Day (Hari Keperawatan Sedunia), sebagai penghormatan kepada Florence Nightingale yang lahir pada hari ini (pada tahun) 1820.

Sosok Florence Nightingale mulai dikenal dalam perang Krimea. Pertempuran antara Rusia melawan gabungan : Inggris, Perancis, Turki, dan Sardinia.

Dalam perang Krimea yang terjadi di pertengahan abad 19 itu banyak serdadu Inggris yang terluka, pada zaman itu tidak ada petugas penolong khusus.

Guna menolong serdadu Inggris yang terluka di Perang Krimea, diberangkatkanlah dari London 38 perawat (wanita) termasuk Florence Nightingale.

Dapat dibilang, rombongan Florence Nightingale inilah yang memelopori pertolongan perawatan luka untuk pasukan dalam peperangan.

Di medan pertempuran Krimea, jiwa besar Florence Nightingale dkk menuntun mereka tidak pilih-pilih dalam merawat korban, pasukan Rusia (musuh) pun ditolong.

Di Perang Krimea ini juga, asal muasal mengapa perawat menggunakan “Cap” (penutup kepala) yang khas, sampai sekarang.

Awalnya, Florence Nightingale dkk menggunakan “Cap” biasa layaknya “Cap” tradisional yang dipakai wanita-wanita Eropa saat itu, seperti yang di iklan susu itu lho.

Dikarenakan harus berkeliaran di medan perang, supaya tak jadi salah sasaran tembak, Florence memodifikasi penutup kepalanya, keputusan cerdas.

Florence cs meninggikan tutup kepala, memakai warna putih dan memberi tanda palang merah supaya mudah dikenali dari jauh.

Perilaku Florence Nightingale yang berkeliaran di medan perang dan barak-barak, merawat yang terluka, tentu saja menentramkan korban perang.

Gaya lemah lembut tapi sigap dan cekatan Florence Nightingale cs ini sampai sekarang jadi inspirasi gaya keperawatan di seluruh dunia.

Kepada semua perawat dimana saja berada, yang sedang bertugas atau yang sedang beristirahat, saya ucapkan selamat hari perawat sedunia.

Itulah tulisan di Twitter dari seorang Neurosurgeon, atau dalam bahasa kerennya, Kultwit. Saya sangat mengapresiasi tulisan beliau karena inilah wujud persahabatan antar profesi secara nyata. Yang biasanya menulis tentang perawat ya perawat sendiri, dan khusus tentang peringatan hari perawat sedunia, salah satu yang menulis adalah seorang dokter.

Alhamdulillah, (tarik napas sejenak).

Segala sesuatu yang bersih, dimulai dari lingkungan yang bersih akan sangat bermanfaat bagi kita. Salah satunya adalah adanya ide yang bisa dituliskan dan dibagi kepada banyak orang.

Kita pasti sudah sangat familiar dengan kata-kata “Kebersihan sebagian dari Iman” bukan? Mari kita bersama-sama mewujudkan hal ini, siap?

O.R. Nurse

Arsyad Syauqi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: