Pengennya Sederhana Dalam Kesederhanaan

3 Mei

#Turn On 5

Damai, kedamaian hati, ya, itu akan memberi pengaruh yang luar biasa dalam keseharian kita. Kalau yang suka nonton film animasi, pasti kenal dengan “Kungfu Panda”. Di sekuelnya, yakni di “Kungfu Panda 2”, ada pesan moral yang sangat kuat, Inner peace, kedamaian hati, hal yang tidak serta merta ada dalam diri manusia. Butuh latihan untuk memperolehnya. Jika manusia sudah bisa memperoleh kedamaian dalam hatinya, oh, sungguh indahnya hidup ini.

Kedamaian, akan didapatkan dalam kesedehanaan. Jika manusia sudah bisa menempatkan dirinya dalam suasana sederhana, maka ia sudah menjadi orang yang kaya. Terkadang kata “kaya” selalu diidentikkan dengan materi, dengan banyaknya uang serta label-label kemewahan lainnya. Namun ketika orang yang sudah dianggap kaya oleh sebagian lainnya, masih membutuhkan banyak hal, ini, itu, masih membeli ini, itu, masih kurang ini, itu, apakah ia bisa disebut kaya? Bukankah ia masih membutuhkan banyak hal.

Mari kita melihat orang-orang yang punya jabatan tinggi misalnya. Oleh sebagian orang, ia sudah dianggap kaya. Mobil mewah punya, rumah bertingkat punya, namun dibalik semua itu, ia masih juga mengambil bagian yang bukan hak nya. orang hukum bilang itu korupsi. apakah itu juga bisa disebut kaya?

Nah, ketika materi sudah dituhankan, apa-apa sudah dinilai dengan uang. Lantas apa sebenarnya yang dijadikan tujuan hidup orang-orang semacam ini?

Mengutip kalimatnya pak Jokowi, “Mulailah sebuah perjalanan dengan tujuan akhir yang jelas”. Singkat, penuh makna. Banyak orang yang berjalan, namun tidak mengerti arah perjalanan mereka. Pikiran mereka terlalu rumit untuk digambarkan. Karena berpikir rumit inilah, kehidupan yang dijalani pun terjebak dalam area abu-abu. Tidak jelas.

Saya selalu kagum dengan orang nomor satu di DKI ini. Sederhana, dilihat dari sudut manapun. Kesederhanaan selalu bisa dilihat dari beliau. Judul dari tulisan ini pun, adalah kalimat beliau. Berpikir dan berperilaku sederhana. Telah terbukti lebih banyak melahirkan ide-ide serta tindakan kreatif daripada yang berpikir terlalu rumit. Saya sendiri pun masih belajar, mungkin dari pembaca yang sudah bisa menerapkan kesederhanaan dalam kehidupannya, saya pun mau belajar dari pembaca.

Kesederhanaan, lebih memberikan kedamaian pada hati. Menjalani hidup dengan jiwa yang tenang, karena semua hal yang ada dalam hidup ini adalah milikNya. La Haula Walaa Quwwata Illa Billah,  tiada daya dan upaya kecuali dengan bantuan dari Allah.

Mari kita mulai pagi ini dengan kesederhanaan. Semoga kita senantiasa bersyukur kepadaNya. 

O.R. Nurse

Arsyad Syauqi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: